Wajib Tahu, Ini Tips Pengiriman Kargo yang Aman!

 Wajib Tahu, Ini Tips Pengiriman Kargo yang Aman!


Ingin melaksanakan pengiriman barang didalam kuantitas besar tetapi bingung wajib menggunakan jasa ekspedisi apa? Anda bisa memilih jasa pengiriman kargo yang biasa melayani pengiriman barang didalam kuantitas besar baik untuk di didalam maupun luar negeri. Namun sebelum sementara itu, pastikan Anda mengerti tips pengiriman kargo yang aman khususnya dahulu.


Kargo sendiri didalam KBBI disimpulkan sebagai muatan barang yang diangkut menggunakan kapal laut, pesawat hawa atau pengangkut lainnya. Barang yang masuk didalam kategori kargo ini bisa masuk untuk jenis apa saja asalkan dilengkapi dengan dokumen pengangkutan yang jelas.


Lalu apa perbedaan terhadap pengiriman kargo dan pengiriman reguler dan juga bagaimana tips mengerti pengiriman cargo aman atau tidak? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Baca Juga : Yuk, Kenali Istilah Pengiriman Barang yang Kerap Digunakan Berikut Ini!


Perbedaan Pengiriman Kargo dan Pengiriman Reguler Cargo Jakarta Kalimantan

Untuk memudahkan mengerti perbedaan terhadap pengiriman kargo dan reguler, tersebut penjabaran lengkapnya:


1. Berat

Barang yang bisa dikirim menggunakan fasilitas kargo wajib miliki berat sedikitnya 10 kg atau 50 kg (tergantung ketentuan jasa ekspedisi). Sedangkan untuk pengiriman reguler, tidak ada batas sedikitnya berat untuk barang yang menghendaki dikirimkan.


2. Tarif

Perbedaan pengiriman kargo vs reguler yang selanjutnya adalah berasal dari tarif yang ditawarkan. Jika menghendaki mengirim  barang didalam kuantitas besar, tarif kargo sudah pasti lebih murah. Hal ini dikarenakan jasa ekspedisi reguler menghitung tarif pengiriman berdasarkan berat per kilogram barang sehingga makin lama berat maka makin lama mahal tarifnya.


3. Jenis Barang

Ekspedisi reguler biasanya menerima pengiriman barang layaknya dokumen, makanan kering, busana dan barang lain didalam kuantitas dan ukuran yang relatif kecil. Sedangkan pengiriman kargo melayani barang didalam ukuran besar layaknya bahan pokok, bahan industri dan furniture.


Tips Melakukan Pengiriman Kargo yang Aman

Jika Anda miliki niat untuk mengirim barang dengan menggunakan jasa kargo, tak hanya mengerti tips memilih ekspedisi pengiriman kargo marketplace atau e-Commerce aman atau tidak, Anda juga wajib mengerti tips melaksanakan pengiriman kargo yang aman layaknya di bawah ini:


1. Pilih Jasa Ekspedisi yang Terpercaya

Hal pertama yang wajib diperhatikan jikalau menghendaki menggunakan fasilitas kargo adalah memilih jasa ekspedisi atau jasa logistic yang terpercaya. Pilih jasa ekspedisi yang sebetulnya kredibel dan terbukti beri tambahan fasilitas paling baik untuk pelanggan. Memilih jasa ekspedisi yang telah terkenal adalah pilihan terbaik.


2. Kemas Barang Sesuai Jenis

Untuk memastikan barang yang Anda kirim bisa hingga ke target dengan aman, maka wajib pengemasan atau packing yang tepat. Pastikan menggunakan packing yang sesuai dengan jenis barang untuk meminimalisir dampak rusaknya selama perjalanan. Berbagai jenis kemasan yang bisa digunakan untuk pengiriman kargo adalah kardus, bubble wrap, atau bisa juga dengan kotak kayu sehingga lebih aman.


3. Ukur dan Timbang Barang yang Akan Dikirim

Setelah barang di packing dengan baik, selanjutnya adalah timbang dan ukur barang yang bakal dikirim untuk memilih tarif pengiriman yang wajib Anda bayar. Setiap penyedia jasa ekspedisi biasanya miliki perhitungan tarif kargo tersendiri. Setelah barang yang menghendaki Anda kirimkan telah diserahkan ke jasa kargo, jangan lupa untuk menanyakan estimasi pengiriman kargo berapa lama hingga barang hingga tujuan.


4. Berikan Label terhadap Paket

Sebelum dikirim, jangan lupa untuk beri tambahan label terhadap kemasan barang. Selain label berisi alamat penerima, Anda juga bisa beri tambahan dengan label fragile jikalau barang yang dikirim adalah barang pecah belah. Dengan adanya label khusus terhadap pengiriman cargo tersebut, kurir yang melaksanakan pengiriman bakal lebih berhati-hati sehingga risiko barang rusak lama sistem pengiriman bisa diminimalisir.


5. Jaminan Garansi

Saat memilih jasa ekspedisi kargo, jangan lupa untuk menanyakan apakah perusahaan tersebut beri tambahan jaminan garansi untuk barang yang dikirim atau tidak. Jika tersedia, cari mengerti syarat dan ketentuannya layaknya apa sehingga bisa melaksanakan klaim jikalau barang yang Anda kirim rusak atau hilang terhadap sementara sistem pengiriman. 


6. Manfaatkan Fitur Tracking untuk Melacak Barang

Untuk memantau sistem pengiriman barang telah hingga dimana, Anda bisa menggunakan fitur tracking yang di sediakan oleh jasa ekspedisi. Caranya adalah masukkan kode resi yang diberikan oleh jasa pengiriman cargo terdekat di kolom tracking yang ada di website formal jasa ekspedisi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membedakan Tas Kulit Asli Dan Palsu

Kontainer Modifikasi: Solusi Inovatif untuk Membangun Ruang Kelas yang Fleksibel